#SIP Artificial Intellegence dan Sistem Pakar (Expert System)
A.
Kaitan antara Artificial Intellegence dan Expert
System
Sistem pakar (expert
system) adalah sistem yang berusaha mengapdosi pengetahuan manusia ke
komputer, agar komputer dapat menyelesaikan masalah seperti yang biasa
dilakukan oleh para ahli. Sistem pakar yang baik dirancang agar dapat
menyelesaikan suatu permasalahan tertentu dengan meniru kerja dari para ahli.
Artificial
Intelligence atau yang disebut dengan kecerdasan buatan ini,
merupakan cabang dari ilmu komputer yang berpusat pada pengautomatisasi tingkah
laku cerdas. Pengertian lain menyebutkan bahwa Artificial Intelligence atau kecerdasan buatan adalah salah satu
bagian ilmu komputer yang membuat agar mesin (komputer) dapat melakukan pekerjaan
seperti dan sebaik yang dilakukan oleh manusia. Artificial Intelligence juga merupakan sub bidang pengetahuan
komputer yang ditujukan untuk membuat software
dan hardware yang sepenuhnya bisa
menirukan beberapa fungsi otak manusia.
Antara Sistem Pakar dan Articial Intellegence
memiliki kaitan dalam dalam memecahkan masalah yang dilakukan berdasarkan
pengetahuan sebelumnya serta pengalaman para ahli yang dituangkan dalam
komputer agar dapat melakukan pekerjaan seperti dan sebaik yang dilakukan oleh
manusia.
B.
Contoh Aplikasi
1. Eliza
Eliza merupakan
salah satu Sistem Pakar yang paling awal dikembangkan. Ini adalah program
komputer terapis yang dibuat oleh Joseph Weizenbaum di MIT tahun 1976. Pengguna
berkomunikasi dengannya sebagaimana sedang berkonsultasi dengan seorang
terapis. Berikut ini adalah contoh percakapan antara Eliza dengan seorang klien.
Eliza: Hello.
I am ELIZA. How can I help you?
Klien:
My name is Balza.
Eliza: I
have told you before, I do not care about names.
Klien: I
don’t have any money. That’s my problem.
Eliza:
Why do you say your problem?
Klien:
Because you asked me.
Eliza:
Do any other reasons not come to mind?
Klien:
No.
Eliza:
You are being a bit negative.
Klien:
Why?
Eliza:
Please go on.
Klien:
OK. I am bankrupt.
Eliza: How
long have you been bankrupt?
Klien: A
year.
Eliza:
Please go on.
Klien:
So, what should I do?
Eliza: Does
that question interest you?
Klien:
Yes, how can I make big money?
Eliza:
You are sure?
Klien:
Of course I’m sure.
2.
Parry
Parry adalah Sistem Pakar
yang juga paling awal dikembangkan di Stanford University oleh seorang
psikiater bernama Kenneth Colby, yang mensimulasikan seorang paranoid. Berikut
ini contoh respon Parry terhadap pertanyaan seorang psikiater yang
menginterviewnya.
Psikiater : Why
are you in the hospital ?
Parry : I
shouldn’t be here.
Psikiater : Who
brought you here?
Parry :
The police.
Psikiater :
What trouble did you have with the police?
Parry :
Cops don’t do their job.
Psikiater : What do they do instead?
Parry : Cops
arrest the wrong people.
Psikiater :
They arrest the right ones sometimes
Parry :
The law should get those Italian crooks.
Psikiater : Are
you Italian?
Parry :
My background is British but I was born in this country.
Psikiater : Do
you know any Italian crooks?
Parry : I
try to avoid the underworld.
3.
NET TALK
Program berdasarkan pada
jaring-jaring neuron, sehingga dinamakan NetTalk yang dikembangkan oleh
Sejnowski di sekolah medis harvard dan Rosenberg di Univ. Princeton. Dalam
program ini, NetTalk membaca tulisan dan mengucapkannya keras-keras. Model
simulasi jaring neuron terdiri atas beberapa ratus unit “neuron” dan ribuan
koneksi. NetTalk membaca keras-keras dengan cara mengkonversi tulisan menjadi
fonem-fonem, unit dasar dari suara sebuah bahasa. Sistem ini sama seperti
sistem lain yang sudah diketahui sebelumnya, memiliki tiga lapisan : lapisan
input, dimana setiap unit merespon sebuah tulisan, lapisan output dimana unit
menampilkan ke 55 fonem dalam bahasa Inggris, dan lapisan unit tersmbunyi
dimana setiap unit ditambahkan koneksinya pada setiap input maupun output.
NetTalk membaca dengan memperhatikan setiap tulisan satu demi satu, dan dengan menscanning tiga tulisan pada setiap
sisi demi sebuah informasi yang kontekstual.
Sumber
Referensi :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar