Kamis, 27 Juni 2013

Hubungannya Matematika dan IAD dalam mata kuliah Psikologi

Matematika adalah ilmu yang didapat seseorang dari caranya belajar dan berfikir. Dari sekolah dasar sampai perguruan tinggi mempelajari matematika yang ilmunya disusun secara berurutan secara sistematik dari yang mudah sampai yang paling susah dan rumit. Matematika digunakan diberbagai belahan dunia untuk mendukung berbagai penerapan pengetahuan di berbagai bidang ilmu pengetahuan diantaranya : pada ilmu alam, ilmu social, teknik, medis atau kedokteran, dan psikologi. Ada beberapa karakteristik dari matematika, yaitu diantaranya ;
1.      Objek yang dipelajari abstrak
Maksudnya adalah sebagian besar yang dipelajari dalam matematika adalah kebanyakan tentang angka yang mungkin itu adalah pemikiran dari manusia.
2.      Kebenarannya berdasarkan dengan logika
Maksud dari kebenarannya berdasarkan logika adalah kebenaran dari hasil-hasilnya adalah bilangan yang tidak bisa dibuktikan dengan cara percobaan atau eksperimen seperti biologi.
3.      Adanya keterkaitan beberapa materi
Yaitu materi yang akan dipelajari disaat mendatang kita harus menguasai materi yang sebelumya, sehingga pada saat mempelajari materi selanjutnya apabila ada keterkaitannya kita bisa lebih mudah untuk menyelesaikan persoalan.
4.      Menggunakan bahasa yang unik
Matematika ini menggunakan bahasa yang unik yaitu dengan menggunakan symbol-simbol yang telah dipatenkan sehingga tidak akan  terjadi perbedaan pendapat.
5.      Diaplikasikan ke dalam bidang ilmu lainnya
Matematika diaplikasikan ke dalam bidang ilmu seperti fisika, kimia, dan biologi.
Matematika juga memiliki beberapa fungsi, yaitu menghitung, mengukur, menggunakan dan menerapkan dalam kehidupan sehari-hari melalui aljabar, statistik, kalkulus, trigonometri dan lain sebagainya. Matematika juga berfungsi sebagai pengukur gagasan melalui beberapa model matematika yang menggunakan kalimat matematika dan persamaan matematika, diagram, maupun grafik. Biasanya orang-orang mengenal matematika sebagai ilmu logika. Contoh dari matematika dalam perguruan tinggi misalnya pada Seleksi masuk perguruan tinggi, pada tes ini calon mahasiwa maupun mahasiswi atau peserta yang mengikuti seleksi masuk perguruan tinggi ini harus mengikuti tes terlebih dahulu dan biasanya adalah mata pelajaran matematika dan bahasa inggris yang sudah sangat pokok. Melalui tes seleksi masuk perguruan tinggi tersebut secara tidak langsung calon mahasiwa atau peserta diukur kemampuannya dalam berfikir tepat untuk menyelesaikan masalah yang ada dengan tepat dan benar. Dan contoh lainnya jika kita melakukan tes IQ pasti hasil dari tes IQ kita akan dihitung, cara menghitung hasil tes IQ ini bisa dengan menggunakan statistika untuk mengetahui sejauh mana kita berfikir dan seberapa jauh tingkat pola fikir kita. Dan selanjutnya, nilai dari hasil tes IQ tersebut akan dikelompok-kelompokkan dengan ukuran tendensi sentral. Pada hal ini matematika memiliki fungsi yaitu membentuk pola pikir seseorang agar berfikir kritis, menumbuhkan pola pikir seseorang agar berfikir kreatif, dan mandiri dalam menyelesaikan masalah secara tepat.
Sedangkan Ilmu Alamiah Dasar adalah Ilmu yang mengkaji tentang alam termasuk hal-hal yang terjadi di muka bumi, dan ilmu alamiah dasar adalah awal terbentuknya Ilmu Pengetahuan Alam atau biasa disebut dengan IPA. Ilmu Alamiah Dasar terdiri dari kimia, fisika, dan biologi.
a.       Kimia
Kimia adalah ilmu yang mempelajari benda, cirri-cirinya, struktur-strukturnya, komposisi-komposisinya, dan perubahan-perubahan yang disebabkan karena interaksi-interaksi dengan benda-benda lain atau yang disebut dengan reaksi kimia. Kimia juga ilmu yang mempelajari tentang sifat-sifat zat molekul atau transformasi serta interaksi-interaksi mereka untuk membentuk materi yang ditemukan sehari-hari. Kimia juga mempelajari pemahaman dan sifat dan interaksi atom individu dengan tujuan untuk menerapkan pengetahuan pada tingkat makroskopik. Kimia juga biasa disebut sebagai ilmu pusat karena menghubungkan berbagai ilmu-ilmu lain seperti : fisika, ilmu bahan, nanoteknologi, biologi, farmasi, kedokteran, bioinformatika, dan geologi.
b.      Fisika
Fisika adalah ilmu sains atau ilmu tentang alam dalam makna yang terluas. Fisika juga mempelajari tentang gejala-gejala alam baik yang hidup ataupun materi dalam lingkup ruang maupun waktu. Fisika memiliki beberapa sifat yang dipelajari yaitu merupakan sifat yang ada dalam semua system materi yang ada, seperti hukum kekekalan energy. Fisika juga bisa disebut sebagai ilmu yang mendasar, karena setiap ilmu-ilmu alam lainnya seperti biologi, kimia, geologi dan lain-lain mempelajari jenis system materi tertentu yang berlandaskan dan mematuhi hukum fisika. Fisika sangat berkaitan erat dengan matematika, karena fisika kebanyakan dinyatakan dalam notasi matematis, dan matematika yang biasanya digunakan pada fisika sangatlah rumit dibandingkan dengan matematika yang digunakan pada ilmu-ilmu sains lainnya. Fisika memiliki perbedaan dengan matematika, jika fisika berkaitan dengan pemerian dunia material sedangkan matematika berkaitan dengan pola-pola abstrak yang tidak selalu terhubung dengan dunia material. Ada banyak riset yang mencampur-campurkan ilmu fisika dengan bidang ilmu-ilmu lainnya, misalnya : biofisika yang mengkhususkan ke peranan prinsip fisika dan biologi. Fisika juga menghubungkan dengan berbagai ilmu lainnya : geofisika, ilmu material, fisika medis, fisika matematika, fisika pendidikan  dan masih banyak lainnya.
c.       Biologi
Ilmu hayat atau biasa orang-orang mengenal dengan biologi adalah ilmu yang mempelajari aspek fisik kehidupan. Biologi memiliki objek kajian yaitu semua makhluk hidup dalam semua aspek kehidupan. Perkembangan teknologi memungkinkan pengkajian pada tingkat molekul penyusun organism melalui biologi molekuler serta biokimia, yang banyak didukung oleh perkembangan teknik komputasi melalui bidang bioinformatika. Misalkan pada biologi anatomi dapat dikhususkan pada setiap organ yang biasanya terjadi dalam ilmu kedokteran.
Maka dari itu ilmu alamiah dasar bukan ilmu yang tersendiri melainkan ilmu yang terkumpul dari konsep-konsep dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi. Ilmu alamiah dasar memiliki kepastian yang relative tinggi mengingat dengan objeknya yang kongkrit karena pada ilmu alamiah ini lazimnya adalah ilmu pasti. Dan pada hal ini matematika bukanlah termasuk dalam ilmu alamiah dasar karena matematika digunakan sebagai penyedia alat-alat atau perangkat dan kerangka kerja yang digunakan dalam ilmu-ilmu alam.
Psikologi
Psikologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang perilaku manusia diantaranya : mengenai perilaku manusia dan kognisi manusia dan psikologi juga biasa disebut sebagai ilmu yang mempelajari tentang jiwa manusia.dalam pemeriksaan psikologi biasanya disebut dengan psikotes, psikotes ini dipergunakan untuk mengukur dan digunakan untuk mengetahui taraf kecerdasan seseorang, arah minat seseorang, sikap seseorang, struktur kepribadian seseorang, dan lain-lain dari orang yang melakukan psikotes.
Hubungannya psikologi dengan matematika
Contoh dari matematika dalam perguruan tinggi misalnya pada Seleksi masuk perguruan tinggi, pada tes ini calon mahasiwa maupun mahasiswi atau peserta yang mengikuti seleksi masuk perguruan tinggi ini harus mengikuti tes terlebih dahulu dan biasanya adalah mata pelajaran matematika dan bahasa inggris yang sudah sangat pokok. Melalui tes seleksi masuk perguruan tinggi tersebut secara tidak langsung calon mahasiwa atau peserta diukur kemampuannya dalam berfikir tepat untuk menyelesaikan masalah yang ada dengan tepat dan benar. Dan contoh lainnya jika kita melakukan tes IQ pasti hasil dari tes IQ kita akan dihitung, cara menghitung hasil tes IQ ini bisa dengan menggunakan statistika untuk mengetahui sejauh mana kita berfikir dan seberapa jauh tingkat pola fikir kita. Dan selanjutnya, nilai dari hasil tes IQ tersebut akan dikelompok-kelompokkan dengan ukuran tendensi sentral. Pada hal ini matematika memiliki fungsi yaitu membentuk pola pikir seseorang agar berfikir kritis, menumbuhkan pola pikir seseorang agar berfikir kreatif, dan mandiri dalam menyelesaikan masalah secara tepat.
Hubungannya psikologi dengan kimia
Kimia dan fisika sama-sama berperan penting dalam psikologi, misalnya : Manusia adalah kumpulan sel-sel yang berinteraksi secara kimia. Tingkah laku manusia turut menentukan kondisi sel-sel tersebut. Contohnya adalah orang yang sering marah, maka umur selnya akan bertambah singkat, akibatnya terjadi penuaan dini. Dan contoh lain Jika kita marah maka adrenalin akan naik marah = psikologi adrenalin = cairan kimia kondisi psikologi seseorang akan mempengaruhi kandungan senyawa kimia dalam tubuh terutama adalah hormon.
Hubungan psikologi dengan fisika
Dalam bidang Psikologi pengukuran seperti pada halnya ilmu Fisika adalah hal yang sangat penting untuk mengukur keadaan jiwa seseorang. Meskipun pengukuran fisika hanya sekedar pengukuran berat badan, tinggi badan, suhu tubuh yang dihubungkan dengan kondisi jiwa seseorang. Karena itu, dalam Psikologi tidak ada pendekatan tunggal dalam pengukuran, semua bersifat relatif. Pengukuran dalam Psikologi umumnya didasarkan pada sample perilaku yang jumlahnya terbatas dan pasti ada kesalahan. Sehingga, hasilnya tidak dapat didefisnisikan dengan baik. Pada Ilmu psikologi sosial adalah jembatan diantara cabang-cabang pengetahuan sosial lainnya. Sebab psikologi sosial mengakui pentingnya memandang individu dalam suatu system sosial yang lebih luas dan karena itu menarik kedalamnya sosiologi, ilmu politik, antropologi, fisika dan ekonomi. Psikologi sosial mengakui aktifitas manusia yang rentangnya luas dan pengaruh budaya serta perilaku manusia dimasa lampau. Dalam mengambil fokus ini psikologi sosial beririsan dengan filsafat, sains, sejarah, seni dan musik. Dengan begitu Psikologi sosial mungkin mempertanyakan bagaimana keadaan orang setelah menyaksikan suatu kejadian menakutkan akan mempengaruhi arousal secara fisiologis, seperti tekanan darah dan serangan jantung.
Hubungan psikologi dengan biologi
Biologi adalah ilmu yang objeknya adalah semua makhluk hidup yang di dalamnya juga termasuk manusia, psikologi juga sama objeknya adalah manusia. Dalam biologi misalkan membahas tentang keadaan fisik maupun kesehatan jasmani manusia, selanjutnya dalam hal ini ilmu psikologi juga diperlukan untuk melihat dan menentukan gejala-gejala yang dialami manusia yang biasanya terganggu psikisnya.

Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Fisika akukimia.blogspot.com/.../pengertian-ilmu-kimia.html

Nama               : Puji Wahyuni
Npm                : 155 127 29
Kelas               : 1PA 05


Tidak ada komentar:

Posting Komentar