Jumat, 09 Oktober 2015

# SIP Informasi dan system informasi psikologi

#Sistem Informasi Psikologi


1.       Definisi

Menurut Kenneth informasi adalah data yang sudah dibentuk ke dalam sebuah formulir yang bermanfaat dan dapat digunakan manusia. Menurut Gordon, informasi adalah data yang telah diproses atau diolah ke dalam bentuk yang sangat berarti  untuk penerimanya dan merupakan nilai yang sesungguhnya atau dipahami dalam tindakan atau keputusan sekarang atau nanti.
Dari pendapat tokoh di atas dapat disimpulkan bahwa informasi adalah data yang telah dibentuk dan diolah yang bermanfaat dan dipahami dalam tindakan atau keputusan sekarang atau nanti.
      Sistem adalah sekumpulan unsur atau elemen yang saling berkaitan dan saling mempengaruhi dalam melakukan kegiatan bersama untuk mencapai suatu tujuan.
Menurut Gaol (2008) sistem adalah hubungan satu unit dengan unit lainnya yang saling berhubungan satu sama lain dan tidak dapat dipisahkan yang menjadi satu kesatuan dalam rangka mencapai tujuan yang ditetapkan.
      Jadi system adalah unit-unit yang saling berkaitan  dan tidak dapat dipisahkan untuk mencapai suatu tujuan.
      Menurut Wundt (dalam Basuki, 2008) psikologi merupakan ilmu tentang kesadaran manusia.Menurut Dakir (1993), psikologi membahas tingkah laku manusia dalam hubungannya dengan lingkungan.Menurut Muhibbin (2001), psikologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tingkah laku  terbuka (perilaku yang bersifat psikomotor : berbicara, duduk, dll) maupun tertutup (berpikir, berkeyakinan, dll) pada manusia baik sebagai  individu atau kelompok.
      Dari pendapat tokoh di atas dapat disimpulkan bahwa psikologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari kesadaran serta tingkah laku manusia. Tingkah laku yang dimaksud bisa merupakan tingkah laku terbuka maupun tingkah laku tertutup.
      Dari pengertian di atas dapat disimpulkan bahwa system informasi psikologi adalah unit-unit yang saling berhubungan untuk mempelajari tingkah laku manusia, baik secara individu maupun kelompok serta tingkah laku tertutup maupun tingkah laku terbuka.
2.       Komponen-komponen
Komponen sistem informasi :
a.    Komonen input yaitu metode dan media untuk menangkap data yang akan dimasukkan.
b.   Komponen model yaitu kombinasi prosedur, logika, dan model matematika yang akan memanipulasi data input.
c.    Komponen output yaitu keluaran yang merupakan informasi  dan dokumentasi.
d.   Komponen teknologi  digunakan untuk menerima input, menjalankan model , menyimpan, serta mengakses data yang dihasilkan.
e.   Komponen hardware berfungsi sebagai tempat menampung database.
f.     Komponen software berfungsi untuk mengolah, menghitung, dan manipulasi data yang diambil dari hardware.
g.    Komponen basis data yaitukumpulan data yang saling berkaitan dan saling berhubungan, tersimpan di perangkat keras komputer dan menggunakan software untuk manipulasi.
h.   Komponen kontrol pengendalian yang dirancang  dapat mencegah hal-hal  yang dapat merusak sistem.
3.       Fungsi
a.   Mengembangkan proses perencanaan yang efektif.
b.   Mengidentifikasi kebutuhan-kebutuhan akan keterampilan pendukung sistem informasi.




Referensi :
Basuki, Heru. (2008). Psikologi Umum. Jakarta: Universitas Gunadarma.
http://www. Elearning.gunadarma.ac.id/index.php?option=com wrapper&itemind=36
books.google.co.id/books?id=VFFQD2eHGYYC&pg=PA8&dq=informasi+adalah&hl=id&sa=X&ei=Hh5IUsXNFYvPr

Tidak ada komentar:

Posting Komentar