Senin, 09 November 2015

Lingkup Data CBIS

#SIP        

1.      Hirarki Data CBIS


Data yang akan diproses harus disusun secara teratur agar pengolahannya dapat dilakukan dengan baik serta efisien. Di dalam hirarki data ada beberapa tingkatan, diantaranya :
a.       Bit
Bit merupakan sistem angka biner yang terdiri dari dua macam nilai, yaitu nol (0) dan satu (1). Bit adalah merupakan unit terkecil dari pembentukan data. Sistem angka biner merupakan dasar yang dapat digunakan untuk komunikasi antara manusia dan komputer merupakan sekumpulan komponen elektronik dan hanya dapat membedakan dua keadaan yaitu on dan off.
b.      Byte
Byte merupakan sekumpulan dari bit yang terdiri dari kombinasi delapan (8) bit yang membentuk satu karakter yaitu : huruf, angka, atau tanda. Satu byte digunakan untuk mengkodekan satu karakter dalam memori.
                                                 
c.       Field
Field merupakan bagian terkecil yang disebut dengan data. Field merupakan sekumpulan byte.
d.      Record
Record merupakan kumpulan item yang saling berhubungan. Setiap record dapat dikenali apabilasuatu mengnalinya melalui field kunci.
e.       File
File adalah kumpulan record sejenis yang saling berhubungan. Pembuatan dan pemeliharaan file adalah faktor yang sangat penting dalam sistem informasi manajemen dengan memakai komputer.
f.       Database
Database merupakan kumpulan dari file-file yang berhubungan dan digunakan pada operasi sistem informasi manajemen. Database pada umumnya berisi data yang disusun berdasarkan skema tertentu dan tersimpan di hardware komputer .
2.      Beberapa contoh dari pemrosesan data, diantaranya :
a.       Batch - Batch processing 
Suatu model pengolahan data dengan cara menghimpun data terlebih dahulu, dan diatur pengelompokkan datanya. Data yang ada dalam kelompok kelompok disebut dengan batch, setiap batch dan informasi mengenai data ditandai dengan identitas tertentu. Setelah data-data terkumpul dalam jumlah tertentu, data tersebut akan langsung diproses.
b.      Online 
Data langsung diproses setelah dimasukkan. Pengguna biasanya hanya membutuhkan waktu yang singkat untuk menerima jawabannya. Contohnya adalah game, pengolah kata, dan sistem pemesananPengolahan interaktif atau online mengharuskan pengguna untuk memasok input. Keuntungan: Interaktif atau pengolahan online memungkinkan pengguna untuk input data dan mendapatkan hasil dari pengolahan data yang segera.

c.       Real time
Pengolahan data dengan proses fisik sehingga hasil dari pengolahan data itu muncul secara berurutan. Input akan berlangsung secara terus menerus dan secara otomatis diperoleh dari sensor. Setelah sistem ini selesai menanggapi serta membaca set berikutnya, input data akan segera memproses. Sistem ini tidak memerlukan pengguna untuk mengontrolnya, ia bekerja secara otomatis.

3.      Penyimpanan data CBIS :

             a.       DASD
Direct Access Storage Device atau DASD adalah media arsip utama yang baik. arsip utama adalah gambaran konseptual dari salah satu sumber daya perusahaan atau unsur lingkungan. Penggunaan DASD yang popular adalah media penyimpanan sementara yang berfungsi untuk menampung data semi-terproses.
b.      SASD
Sequential Access Storage Device atau SASD adalah media penyimpanan yang digunakan untuk mengisikan catatan yang sudah diatur dalam susunan tertentu yang merupakan jenis dari memori eksternal dan  mempunyai akses data secara tidak langsung. SASD dalam menjalankan prosesnya lambat karena untuk mencari data tertentu harus dimulai dari awal.



Referensi :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar