Rabu, 03 April 2013

Kejadian Luar Angkasa

Kejadian Luar Angkasa
Apa itu meteor ?
Meteor adalah terlihatnya jalur jatunya meteorid ke atmosfer bumi atau yang biasa disebut dengan bintang jatuh.  Meteor yang terangnya melebihi dari planet venus bisa disebut sebagai bolide. Meteorid yang tidak habis terbakar dalam perjalanannya di atmosfer bumi dan mencapai permukaan bumi di sebut meteorit.
Apa itu hujan meteor ?
Hujan meteor adalah fenomena yang terjadi ketika meteor terlihat bersinar di langit ketika malam hari.
Diantara sekian banyaknya hujan meteor yang paling popular adalah hujan meteor Geminids. Hujan meteor Geminids terjadi dalam tiga dasawarsa terakhir. Hujan meteor Geminids berasal dari asteroid phaenton. Asteroid merupakan komet yang habis debunya dan hanya tersisa intinya berupa batu dengan diameter kurang lebih 5 kilometer.
 Meteor Geminids muncul setiap awal hingga pertengahan bulan Desember dengan intensitas besar karena dapat memancarkan 120 meteor per jam dengan kecepatan setiap meteornya yaitu 35 km per detik. Meteor Geminids mampu memancarkan cahaya yang sangat cemerlang sehingga mampu menyamai bahkan melebihi  kecemerlangan planet venus.  .Hujan meteor Geminds terakhir terjadi pada 13-14 Desember 2012. Frekuensi jatuhnya meteor cukup banyak sekitar 1-2 meteor per menit. Hujan meteor Geminids merupakan hujan meteor di tahun 2012.
Puncak meteor Geminids bertetapan dengan langit yang cukup gelap karena bulan masih dalam posisi sabit. Dengan rasi Gemini di laut timur pada sekitar pukul 20:30 WIB  hujan meteor Geminids bisa diamati sejak pukul 22:00 WIB pada 13-14 Desember 2012.
Salah satu titik yang tepat untuk melihat hujan meteor Geminids adalah kawasan pantai Parangkusumo, Bantul, DIY. Dalam kondisi langit yang berawan hanya beberapa bintang saja yang dapat dilihat dengan mata telanjang seperti Canopus, Sirius, Rigel, dan Procyon. Pada 14 Desember 2012 sedikitnya ada 65 buah meteor Geminids yang melewati langit selama dua jam atau rata-rata 32 meteor per jam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar