Rabu, 03 April 2013

BIOTEKNOLOGI

BIOTEKNOLOGI

Apa itu bioteknologi ?
Bioteknologi adalah cabang ilmu yang mempelajari pemanfaatan makhluk hidup seperti bakteri, fungi, virus, dll. Bioteknologi pada bidang pangan misalnya pembuatan bir, roti, keju, yoghurt, kefir melalui proses fermentasi.
Apa itu fermentasi ?
Fermentasi adalah proses produksi energy dalam sel paa keadaan anaerobic (tanpa oksigen).
Sejarah kefir
Kefir berasal dari penduduk asli pegunungan kaukasus, pada tahun 1908 bibit kefir  berhasil di bawa keluar dari pegunungang  kaukasus menuju kota Moscow  dan dari itulah khasiat dan teknologi pembuatan kefir menyebar keseluruh penjuru dunia. Kefir sangat terkenal sangat dikenal di Eropa dan diperdagangkan dengan bermacam-macam sebutan yaitu kephir, kiaphur, kepi, dll. Kepopuleran kefir sertamerta karena di dalamnya mengandung probiotik (bakteri  hidup)  dan komponen yang berperan penting untuk kesehatan.
Kefir adalah makanan fungsional pribiotik, kefir terbuat dari susu yang difermentasi oleh sejumlah mikroba yaitu bakteri penghasil asam laktat, bakteri penghasil asam laktat dan khamir (ragi) yang masing-masing akan memberikan cita rasa yang berbeda dan struktur kefir. 


Pembuatan kefir.
Bahan utama pembuatan kefir  adalah bibit kefir yang mengandung bakteri Streptococci dan Lactobacilli/Streptococcus sp dan susu. Bibit kefir bisa digunakan tanpa batas, dan susu yang digunakan bisa susu sapi, susu kerbau, susu kambing, ataupun susu domba dalam bentuk cair maupun dalam bentuk bubuk.
Pada pembuatan kefir mula-mula susu dipanaskan pada  susu 85-90 derajat celcius selama 30 menit, ini bertujuan agar mikroba yang tidak diinginkan bisa  mati . setelah didinginkan dalam wadah gelas  hingga mencapai suhu 25-28  dan di dalamnya ditambahkan butiran bibit kefir sebanyak 50-60 g bibit kefir untuk 1 liter susu. Selanjutnya, kefir disimpan dalam suhu kamar selama 24 jam sampai terjadinya gumpalan dan selanjutnya kefir disaring untuk memisahkan cairan kefir dan butiran  kefir. Setelah itu bibit kefir  harus cepat-cepat dipisahkan dari cairan kefir. Fermentasi yang terlalu lama akan menghasilkan kefir yang sangat kental dan asam. Kefir yang baik dan bagus hanya sedikit lebih kental daripada susu segar sehingga mudah diminum.
Pembuatan susu menjadi kefir adalah salah satu cara mengawetkan susu agar susu tidak cepat rusak dan basi.

Manfaat kefir
 ada banyak manfaat untuk kesehatan antara lain :
  • Menekan pertumbuhan bakteri jahat dalam system pencernaan.
  • Menurunkan kolesterol.
  •  Mencegah kanker atau tumor dan masih banyak lagi manfaat kefir untuk kesehatan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar