Senin, 09 November 2015

CBIS (Computer Based Information System)

#SIP

CBIS (Computer Based Information System)
Pada zaman yang sudah sangat modern ini, perkembangan teknologi sudah sangat maju terutama teknologi komputer. Sekarang ini hamper semua bidang menggunakan komputer sebagai alat bantu dalam membuat dan menyelesaikan tugas, terutama di dalam bidang psikologi.
1.      Definisi
Sistem Informasi Berbasis Komputer atau Computer Based Information System (CBIS) merupakan sistem pengolahan data agar menjadi sebuah informasi yang berkualitas dan dapat dipergunakan sebagai alat bantu yang mendukung pengambilan keputusan, koordinasi, kendali, serta visualisasi dan analisis.
Computer Base Information System, mengandung arti bahwa komputer memainkan peranan penting dalam sebuah sistem informasi, meskipun secara teoritis, penerapan sebuah sistem informasi memang tidak harus menggunakan komputer dalam kegiatannya, namun pada prakteknya dengan data dan kebutuhan informasi yang begitu kompleks maka peran teknologi komputer sangat dibutuhkan, peran komputer inilah yang dikenal dengan istilahcomputer basedkarena digunakan untuk mengolah informasi dalam sebuah sistem maka disebutComputer Base Information Systematau sistem informasi berbasis komputer.

2.      Manfaat
a.       Penghematan waktu (time saving)
b.      Penghematan biaya (cost saving).
c.       Peningkatan efektifitas (effectiveness)
d.      Pengembangan teknologi (technology development)
Computer Based Information System memiliki beberapa sub sistem diantaranya :
a.       Sistem Informasi Akuntansi
b.      Sistem Informasi Manajemen
c.       Sistem pendukung keputusan
d.      Automasi Kantor (Virtual Office)
e.       Sistem pakar


Referensi :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar