Senin, 09 November 2015

Evolusi CBIS

#SIP

Evolusi CBIS

1.      Fokus awal pada data :
Pada pertengahan abad 20, perusahaan mengabaikan kebutuhan akan informasi para manajer. Pada tahapan ini penggunaan komputer hanya terbatas pada aplikasi akuntansi saja. Pada awalnya aplikasi akuntasnsi yang digunakan adalah pengolahan data elektronik (EDP) kemudian berubah menjadi Data prosesing (DP) dan Sistem Informasi Akuntansi (SIA). Sistem Informasi Akuntansi sendiri merupakan sistem yang melaksanakan akuntansi perusahaan dan aplikasi ini ditandai dengan penngolahan data yang tinggi. SIA memiliki 4 tugas dasar, yaitu :
1.      Pengumpulan data
2.      Manipulasi data (pengklasifikasian, penyortiran, perhitungan, pengikhtisaran, dan penyiapan dokumen)
3.      Penyimpanan data
4.      Penyiapan data

2.      Fokus baru pada informasi :
Konsep penggunaan komputer sebagai Sistem Informasi manajemen dipromosikan untuk mendukung peralatan baru. Konsep Sistem Informasi Manajemen menyadari bahwa aplikasi komputer harus diterapkan untuk tujuan utama menghasilkan informasi manajemen. Sistem Informasi Manajemen adalah sistem berbasis komputer yang menyediakan informasi bagi pemakai dengan kebutuhan yang serupa (Raymond mcLeod, jr). sistem informasi menejemen memiliki tujuan yaitu memenuhi kebutuhan informasi umum semua manajer dalam perusahaan atau dalam sub unit organisasional perusahaan (subunit dapat disasarkan pada area fungsional atau tingkatan manajemen).


Sistem Informasi Manajemen memiliki beberapa elemen, diantaranya :
a.       Hardware
b.      Software
c.       Prosedur
d.      Database
e.       Model

3.      Fokus revisi pada pendukung keputusan.
Sistem pendukung keputusan (Decision support system) adalah sistem penghasil informasi yang ditujukan pada masalah tertentu yang harus dipecahkan dan diputuskan oleh manajer. Manajer berada di bagian mana saja pada organisasi pada tingkat manapun dan dalam area bisnis apapun. DSS memiliki 3 tingkatan, yaitu :
1. Specific DSS
Merupakan hardware/software yang memungkinkan seseorang/sekelompok orang pengambil keputusan melakukan analitik terhadap suatu masalah tertentu.
2. DSS Generator
Suatu paket hardware/software yang mampu secara cepat& mudah membuat spesifik DSS.
3. DSS Tools
Suatu hardware/software yang membantu pembuatan spesifik DSS dan generator DSS.

4.      Fokus pada Komunikasi :
OA memudahkan komunikasi dan meningkatkan produktivitas diantara para manajer dan pekerja kantor melalui penggunaan alat elektronik. OA telah berkembang meliputi beragam aplikasi seperti konferensi jarak jauh, voice mail, e-mail, electronik calendaring, facsimile transmission.

5.      Fokus potensial pada konsultasi :
Sistem pakar yang berfokus pada konsultasi adalah sistem yang berusaha mengadopsi pengetahuan yang ada pada manusia ke dalam komputer, di mana komputer tersebut ditujukan agar dapat menyelesaikan masalah. Komputer diprogram agar dapat melaksanakan penalaran logis yang sama seperti manusia, aplikasi yang digunakan seperti artificial intelligence


Referensi :




Tidak ada komentar:

Posting Komentar